Air Terjun Kedung Kandang, Keindahan Gunungkidul

air terjun kedung kandang

Gunungkidul memang tidak ada habisnya potensi wisata yang selalu bermunculan, dan pemerintah Gunungkidul banyak mendongkrak wisata-wisata yang tersembunyi untuk mendatangkan wisatawan. Seperti yang akhir-akhir di bicarakan oleh para traveler yaitu air terjun kedung kendang, air terjun kedung kandang ini sangat cantik yang membelah hijaunya persawahan warga siap membuat anda terpukau melihatnya. Air terjun kendang ini terletak di Gunung Butak, Dusun Nglanggeran, Desa Putat, Kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul.

Baca juga : Pantai Srakung, Sumilir Ketenangan Gunungkidul

Perlu perjuangan dan banyak tenaga yang harus di keluarkan ketika kita hendak ke air terjun kandang ini, dari tempat parkir kendaraan kita masih harus berjalan kaki dengan Medan setapak kaki sekitar 1 km mengitari, menyusuri dan menuruni bukit kecil yang cukup curam untuk bisa sampai ke air terjun Kedung Kandang ini. Karena parkiran kendaraan kita berada di balik bukit air terjun ini sehingga kita harus berjalan sedikit memutar untuk sampai di air terjun kedung kandang ini.

Keunikan dari Air terjun kedung kandang sehingga sangat di buru wisatawan ini adalah air terjun yang bertingkat-tingkat ketinggiannya kurang lebih mencapai 25meter, jenis air terjun seperti air terjun kedung kandang ini memang sangat jarang di jumpai bahkan untuk di kawasan kota Yogyakarta baru ada disini saja. Bagi anda penggemar traveller jangan sampai terlewatkan wisata alam ini di jadwal perjalananmu yah :)

Posisi dari Air terjun kedung kendang ini sebenarnya tidaklah jauh dari Gunung api purba Nglanggeran yang tepatnya berada di kaki sebelah selatan gunung api purba yang ada di nglanggeran ini. Ketika Anda kemari anda tidak hanya di suguhi dengan air terjun saja di kawasan ini namun sahabat traveler juga di hidangi pemandangan alam yang segar, udara yang sejuk, jauh dari kebisingan kota dan juga lingkungan persawahan penduduk sekitar.

Baca juga : Pantai Nglambor, Bisa Snorkeling

Akses
Dari arah jogjakarta
Jogja - Jalan Wonosari- sampaan - Piyungan - Bukit Bintang atau patuk - Perempatan timur Radio GCD FM (ambil arah ke kiri menuju Ngoro-oro ombo)  - Ngoro-oro - Setelah ada Puskesmas Patuk 2 ambil arah ke kanan - disitu kita akan menjumpai Sekretariat Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran gunungkidul - ketemu dengan SDN Nglanggeran lurus aja - ada Pertigaan belok kiri - ada Pertigaan lagi setelah Lapangan ke kanan dan lihat papan petunjuk masuk menuju lokasi Kedung Kandang dan Njurug Talang Purba.

PENTING!!!Bila kurang jelas bisa menanyakan kepada penduduk setempat.