Batu Giring, Semanu Gunungkidul

batu giring




Wisata di kabupaten Gunungkidul memang tidak pernah ada habisnya, selalu bermunculan bahkan membuming di kalangan para remaja untuk ber selfie ria. Kali ini yang menjadi perbincangan di kalangan para pemburu foto adalah Batu Giring (watugiring). Batu giring ini terletak di daerah Padukuhan Jelok, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu , Gunungkidul. Tepatnya di sebelah timur dari kota wonosari.

Baca Juga : Pantai Nglambor, Tempatnya Snorkeling

Batu Giring di kecamatan semanu ini terkenal di kalangan masyarakat setempat hanyalah sisa penambangan Batu kapur, yang biasanya dahulu  digunakan untuk alas tiang penyangga rumah atau disebut dengan giring dan juga tempat penambangan batu untuk tembok rumah seperti batu bata yang berbentuk kotak kotak . Entah sengaja atau tidak Bekas tambang batu ini menyerupai bangunan seperti candi kuno, karena stuktur batu bekas gergaji menjadi berundak dan bertingkat serta memiliki ketinggian yang berbeda.

Batu Giring ini sungguh eksotis pemandangan alam di sekitarnya sungguh luar biasa, bagi anda penggemar photografi tidak ada salahnya anda mengunjungi tempat ini.

Saran kalau mau mengunjungi tempat ini untuk selalu berhati-hati karena kalau pas hujan licin, dan jangan lupa untuk tidak merusak tempat ini karena di sekitaran tempat ini di tanami padi oleh para penduduk.

Akses
Batu Giring ini terletak kurang lebih 50km dari kota yogyakarta dan dapat di tempuh kurang lebih 1jam 20 menit perjalanan, kalau dari arah yogyakarta menuju kota wonosari-> Alun-alun pemda kota Wonosari ketimur kurang lebih 3km -> Gardu listrik Mijahan ketimur 200m (ada pohon asem besar) -> ada pertigaan arah Kali Suci -> ikuti saja dan sampailah di batu Giring semanu

Koordinat
7°59'49.0"S 110°37'42.7"E

Foto by riskysaphutra

Related Posts:

0 Response to "Batu Giring, Semanu Gunungkidul"

Post a Comment